FORM DAN OBJEK KONTROL (2) SERTA TIPE DATA, VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERATOR
FORM DAN OBJEK KONTROL
A. Form
Form merupakan media interaksi antara pengguna
dengan aplikasi yang dibuat. Form dapat dikatakan sebagai wadah atau penampung
objek kontrol yang akan digunakan. Form juga dapat dikatakan objek karena dapat
memberikan reaksi saat menemui suatu kejadian. Form terbagi atas dau kategori,
yaitu :
1. Form Dinamis
Form
dinamis yaitu form yang bisa dimanipulasi atau diubah bentuk seta disisipi
objek kontrol yang berisi perintah-perintah yang diperlukan oleh aplikasi yang
akan dibuat, contohnya yaitu :
Windows Form,
Console, Libari, WPF, dan sebagainya
Database Access,
SQLServer, dan lain-lain.
Form
dapat digunakan untuk menempatkan objek lain diatasnya dan masih bisa
dimanipulasi bentuk dan objek tampilannya.
2. Form Statis
Form
statis yaitu form yang tidak dapat dimanipulasi atau diubah bentuk serta
disisipi objek kontrol, form ini hanya dapat dipanggil dari perintah kode.
Contohnya yaitu :
a. Message Box
Message
Box merupakan form yang bertugas untuk menampilkan pesan keterangan terhadap
suatu kejadian yang diterima oleh aplikasi. Untuk menampilkan form pesan
singkat yaitu dengan membuatkan kode MessageBox.show dimana ada empat parameter
yang harus diisi yaitu :
1) Isi pesan yang akan ditampilkan, dan bisa
membuatkan beberapa kalimat yang bisa ditampilkan oleh form ini.
2) Title Form, yaitu teks yang digunakan untuk
memberikan judul dari form tersebut.
3) MessageBoxButtons, merupakan jenis dari
tombol-tombol yang akan ada didalam tampilan form tersebut.
4) MessageBoxIcon, merupakan jenis ikon atau
gambar yang digunakan untuk ditampilkan pada jendela form tersebut yang
menandakan sebuah pesan itu ditampilkan sebagai pesan error, konfirmasi,
pertanyaan, dan lainnya.
b. Input Box
Input
Box merupakan form yang digunakan untuk menampilkan jendela inputan user,
tetapi form ini juga tidak bisa diubah dan disisipi oleh objek kontrol yang
lainnya.
InputBox
memiliki minimal dua parameter, yang pertama label yang akan ditampilkan
sebagai penanda apa yang akan diminta kepada user atau sebagai keterangan yang
digunakan untuk memperjelas apa yang akan dilakukan user, dan parameter kedua
adalah judul atau title dari form inputbox yang dibuat dengan memberikan
perintah teks dengan menggunakan tanda petik ganda.
B. Objek
Kontrol
Objek / Kontrol
merupakan suatu tampilan berbasis grafis yang ditempatkan ke form untukmembuat
interaksi dengan pemakai. Keberadaan kontrol di dalam form berubah menjadi
objek yaituelemen perantara pemakai yang dapat diprogram untuk kebutuhan
tertentu
Macam-macam objek kontrol sebagai berikut :
1. Label
Label merupakan objek kontrol yang digunakan untuk memberikan output
atau menampilkan data diatas jendela form tetapi tidak bisa memberikan input
saat aplikasi dijalankan. Jadi label seringkali digunakan untuk menampilkan
keterangan terhadap suatu objek lain seperti TextBox dan lainnya.
2. TextBox
TextBox merupakan objek kontrol yang dapat digunakan sebagai input dan
juga sebagai output ketika aplikasi dijalankan. Dan TextBox merupakan objek
yang paling sering digunakan untuk menampung data yang diinputkan oleh user
yang akan menggunakan sistem yang dibuat.
3. Button
Button merupakan objek kontrol yang digunakan untuk dapat mengeksekusi
perintah-perintah yang telah dibuat pada jendela kode program.
4. CheckBox
CheckBox merupakan objek kontrol yang berfungsi untuk memilih item data.
Sebuah kotak centang atau biasa disebut checkbox adalah elemen kontrol grafis
yang memungkinkan pengguna untuk membuat pilihan biner, yaitu pilihan antara
beberapa item data yang memungkinkan saling eksklusif.
5. RadioButton
RadioButton hampir sama dengan CheckBox, tetapi hanya dapat memilih satu
pilihan yang tersedia.
6. ComboBox
ComboBox merupakan objek kontrol yang berfungsi untuk menampilkan daftar
item dengan pilihan dropdown. Dropdown ini adalah suatu menu drop yang mirip
dengan kotak daftar, dimana pengguna dapat memilih salah satu nilai dari
daftar.
7. ListBox
ListBox merupakan objek kontrol yang digunakan untuk menampilkan menu
daftar pilihan secara keseluruhan.
8. Timer
Timer merupakan objek kontrol yang digunakan untuk mengatur dan
menampilkan watu yang diperlukan.
9. DateTimerPicker
DateTimerPicker merupakan objek kontrol yang digunakan untuk menampilkan
tanggan dengan menu DropDown.
TIPE DATA, VARIABEL, KONSTANTA, DAN OPERSTOR
A. Tipe Data
Tipe data merupakan suatu bentuk penggolongan
jenis data berdasarkan kategori data, ukuran dan kegunaan data yang dapat
ditampung oleh sebuah variabel. Tipe data pada visual basic dapat dilihat pada
tabel berikut ini.
Tabel 2. 1 Tipe
Data
|
Tipe Data |
.Net Tipe |
Ukuran |
Jangkauan |
|
Decimal |
System.Decimal |
12 Bytes |
0 – 28 bilangan decimal |
|
Byte |
System.Byte |
1 Bytes |
0 – 255 |
|
Double |
System.Double |
8 Bytes |
Bilangan negatif antara : -1.79769313486232e+308 sampai -4.94065646841247E-324 Bilangan positif antara : 4.94065645841247E-324 sampai
1.79769313486232e+308 |
|
Long |
System.Int64 |
4 Bytes |
-9.223.372.036.854.775.808 sampai
9.223.372.036.854.775.808 |
|
Single |
System.Single |
4 Bytes |
Bilangan negatif antara : -3.402823E sampai -1.401298E Bilangan positif antara : 1.401289E-45 sampai 3.402823e |
|
Integer |
System.Int32 |
4 Bytes |
-2.147.483.648 sampai –
2.147483.647 |
|
Boolean |
System.Boolean |
2 Bytes |
True or False |
|
Date |
System.DateTime |
2 Bytes |
1 Januari 0001 sampai 31 Desember
9999 |
|
Short |
System.Int16 |
2 Bytes |
-32.768-32.767 |
|
Char |
System.Char |
2 Bytes |
0 to 65535 |
|
String |
System.String |
10 Bytes + (2 x jumlah karakter) |
0 sampai kira-kira 2 milyar
karakter Unicode |
|
Object |
System.Object |
4 Bytes |
Semua Tipe, jenis |
Tabel 2. 2 Konversi
Tipe Data
|
Konversi |
Tipe Data |
Keterangan |
|
cInt |
Integer |
Integer |
|
cBool |
Boolean |
Nilai 0 false, selain 0 true |
|
cByte |
Byte |
Pembulatan nilai decimal |
|
cLng |
Long |
Pembulatan nilai decimal |
|
cCur |
Currency |
Money |
|
cShort |
Short |
Pembulatan nilai decimal |
|
cSng |
Single |
Pembulatan nilai decimal |
|
cDate |
Date |
DateTime |
|
cStr |
String |
Karakter Unicode |
|
cDbl |
Double |
|
|
cDec |
Decimal |
Bilangan decimal |
|
cObj |
Object |
Object |
B. Variabel
Variabel adalah tempat penyimpanan data dalam
memori komputer yang mengandung data atau nilai sementara dari sebuah proses
pada suatu pemrograman.
1. Deklarasi Variabel
Deklarasi
variabel berfungsi untuk mengenal suatu variabel berikut dengan tipe data yang
dipakai pada variabel tersebut. Pendeklarasian variabel dibagi menjadi dua
kategori antara lain :
a. Deklarasi Eksplisit
Suatu
pendeklarasian umum yang sangat sering dilakukan dengan memberikan kata kunci
as.
Bentuk umum :
{Private | Public
| Dim | …} Nama_Var[{As Tipe data}]
Contoh :
Dim Nim as Integer
Dim Nama as String
b. Deklarasi Emplisit
Suatu pendeklarasian
yang tidak memberikan kata kunci As pada semua variabel tersebut. Melainkan
memberikan suatu karakter atau sumbol di akhir variabel.
Tabel 2. 3 Simbol
Deklarasi Emplisit
|
Karakter/Simbol |
Tipe Data |
|
% |
Integer |
|
$ |
String |
|
& |
Long |
|
@ |
Currency |
|
! |
Single |
|
# |
Double |
Contoh :
Dim NIM% ‘mewakili tipe data integer
Dim Nama$ ‘mewakili tipe data string
2. Ruang Lingkup Variabel
Ruang
lingkup variabel sangat mempengaruhi sampai dimana nama variabel tersebut dapat
dikenali oleh aplikasi. Ruang lingkup variabel dapat digolongkan menjadi :
a. Local Variabel
Suatu pendeklarasian
variabel di dalam ruang lingkup objek saja. Tidak dapat digunakan di dalam
objek lain.
b. Global Variabel
Suatu pendeklarasian
variabel tidak hanya di dalam ruang lingkup objek saja. Tetapi mencakup semua
prosedur dan objek.
C. Konstanta
Kontanta merupakan suatu variabel yang
mempunyai nilai tetap dan tidak dapat diubah nilainya.
1. Deklarasi Konstanta
{Const} Nama_Var
[{AS tipedata}]=<nilai>
2. Deklarasi Konstanta Enumerasi
Merupakan
pendeklarasian daftar konstanta yang bersifat global. Dengan deklarasi kontanta
enumerasi dapat membuat daftar konstanta sendiri dalam bentuk seperti modul
kelas dan dapat diakses oleh projek lain.
Format
penulisannya :
{Private | Public |
…}[enum] Nama_Variabel_konstanta
D. Operator
1. Operator Aritmatika
Merupakan
suatu operator perhitungan matematika yang digunakan untuk proses perhitungan
matematika. Operator aritmatika dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Tabel 2. 4 Operator
Aritmatika
|
Operator |
Fungsi |
|
+ |
Penjumlahan
|
|
- |
Pengurangan
|
|
* |
Perkalian
|
|
/ |
Pembagian
|
|
Mod |
Sisa
hasil pembagian |
|
^ |
Perpangkatan
|
2.
Operator
Perbandingan
Merupakan
suatu operator yang menyatakan suatu kondisi itu benar atau salah. Operator
perbandingan dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 2. 5 operator Perbandingan
|
Operator |
Fungsi |
|
<> |
Tidak
sama dengan |
|
< |
Lebih
kecil |
|
> |
Lebih
besar |
|
>= |
Lebih
besar sama dengan |
|
<= |
Lebih
kecil sama dengan |
|
Like
|
Ciri
yang sama |
|
Is
|
Keterangan
|
3. Operator Logika
Merupakan
suatu operator yang dapat membandingkan dua ekspresi atau lebih data logika
(Boolean) dan menghasilkan data logika (Boolean) baru. Operator logika dapat
dilihat pada tabel berikut.
Tabel 2. 6 Operator
Logika
|
Operator |
Fungsi |
|
NOT |
Tidak |
|
AND |
Dan |
|
OR |
Atau |
|
XOR |
Eksklusif atau |
4. Operator Penugasan
Merupakan
operator yang bertugas untuk menentukan nilai yang dikeluarkan oleh suatu
variabel terhadap kondisi tertentu.
Tabel 2. 7 operator
Penugasan
|
Operator |
Fungsi |
|
= |
Sama dengan |
5. Operator Penggabungan (Concatenation)
Merupakan
suatu operator yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah string atau
lebih. Operator penggabungan dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 2. 8 Operator
Penggabungan
|
Operator |
Fungsi |
|
+ |
Plus |
|
& |
Dan |
TUTORIAL PRAKTIKUM FORM DAN OBJEK KONTROL (2)
A. Alat dan
Bahan
Alat dan bahan yang perlu digunakan dalam
praktikum form dan objek kontrol kedua ini adalah sebagai berukut.
1.
Laptop
2.
Software
Visual Studio Community 2013
B. Langkah-Langkah
Praktikum Form dan Objek Kontrol Kedua
Berikut ini adalah langkah-langkah praktikum
form dan objek kontrol (2) :
1.
Buka
Visual Studio, buka file praktikum 2 yang telah dibuat sebelumnya dengan cara
mengklik pada File lalu klik Open setelah itu klik Project/Solution.
2.
Lalu buka
file Prak2.sln. karena kita masih
menggunakan file tersebut.
ComboBox dan ListBox
1.
Klik kanan
pada Prak2 untuk membuat form baru.
2.
Klik Add lalu pilih Windows Form.
3.
Beri nama Form2.vb lalu klik Add.
4. Dibawah ini awal mula desain tampilan form.
5.
Klik pada Form2 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form2 |
Nama |
Form2 |
|
Text
|
ComboBox dan ListBox |
|
|
Start
Position |
CenterScreen |
Sehingga judul Form2 sebagai berikut.
6.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari Label. Kemudian double klik Label
tersebut. Disini kita menggunakan 2 label.
7.
Sehingga
tampilannya sebagai berikut.
Kemudian pilih
properti-properti pada label-label tersebut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Label1 |
Text |
Drive |
|
Label2 |
Text |
Keterangan |
8. Berikut adalah hasil dari pengaturan label-label tersebut.
9.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari ComboBox. Kemudian double klik ComboBox
tersebut.
10. ComboBox tersebut diletakkan di sebelah Drive. Lalu atur propertinya sebagai
berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
ComboBox1 |
Name |
Cmb_Drive |
11. Lalu pada Toolbox
pilih ListBox. Kemudian double klik ListBox tersebut.
12. ListBox tersebut diletakkan di sebelah Keterangan. Lalu atur propertinya
sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
ListBox1 |
Name |
LstInfo |
13.
Selanjutnya
pilih Form2 lalu klik View Code.
14. Selanjutnya kita memulai untuk memasukkan
codingan agar Form tersebut dapat dijalankan saat di running. Masukkan kode program berikut ini.
|
Imports System.IO Public Class Form2 |
15. Klik ganda pada Form2, kemudian masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub Form2_Load(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load Cmb_Drive.Items.AddRange(IO.DriveInfo.GetDrives) End Sub |
16. Klik ganda pada ComboBox1, kemudian masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub Cmb_Drive_SelectedIndexChanged(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Cmb_Drive.SelectedIndexChanged LstInfo.Items.Clear() LstInfo.Items.Add("Nama
Drive :" & Dir(""
& Cmb_Drive.Text & "",
FileAttribute.Volume) & "") LstInfo.Items.Add("System
:" & Dir("" & Cmb_Drive.Text & "",
FileAttribute.System) & "") Dim
dvr As New DriveInfo(Cmb_Drive.Text) Dim
kapasitas = CStr(dvr.TotalSize
/ 1000000) & " MB" Dim
sisa = CStr(dvr.TotalFreeSpace / 1000000)
& " MB" Dim
Terpakai = CStr(Val(kapasitas)
- Val(sisa)) & " MB" LstInfo.Items.Add("Kapasitas
: " & kapasitas) LstInfo.Items.Add("Terpakai
: " & Terpakai) LstInfo.Items.Add("Sisa
: " & sisa) End
Sub End Class |
17. Sebelum kita menjalankan program, sebaiknya
kita pindahkan terlebih dahulu Signing
nya ke Form2, karena jika tidak dipindahkan
maka saat di running tetap akan berfungsi di Form1. Klik kanan pada My
Project terlebih dahulu.
18. Lalu kli Open.
19. Pada Signing
ganti Form1 nya menjadi Form2.
20. Klik Start
untuk menjalankan program, dan hasilnya seperti berikut.
21. Kemudian saat kita memilih partisi C:\ maka akan tampil kapasitas
penyimpanan dan sebagainya
Timer dan DateTimer
1.
Untuk
membuat form baru sama saja dengan sebelumnya dengan cara klik kanan pada Prak2, klik Add lalu pilih Windows Form,
dan beri nama Form3.
2.
Klik pada Form3 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form3 |
Nama |
Form3 |
|
Text
|
Timer dan DateTimePicker |
|
|
Start
Position |
CenterScreen |
Sehingga judul Form3 sebagai berikut.
3.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari Label. Kemudian double klik Label
tersebut. Disini kita menggunakan 2 label.
4.
Sehingga
tampilannya sebagai berikut.
Kemudian pilih
properti-properti pada label-label tersebut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Label1 |
Name
|
Lbl12jam |
|
Label2 |
Name |
Lbl24jam |
5.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari DateTimePicker. Kemudian double klik DateTimePicker tersebut.
6.
Kemudian
atur properti yang ada di DateTimerPicker.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
DateTimePicker1 |
Name
|
DTanggal |
Sehingga tampilannya sebagai berikut.
7.
Pada Toolbox cari Timer. Kemudian double
klik Timer tersebut.
8.
Atur
properti pada Timer.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Timer1 |
Enable |
True |
|
Interval
|
1000 |
Terdapat Timer1 pada bagian
bawah form.
9.
Selanjutnya
kita memulai untuk memasukkan codingan agar Form tersebut dapat dijalankan saat
di running. Klik ganda pada form lalu
msukkan kode program berikut ini.
|
Private
Sub Form3_Load(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load Dtanggal.Format = DateTimePickerFormat.Custom Dtanggal.CustomFormat = "ddd,dd/MM/yyyy" Dtanggal.Value =
Format(Now) End Sub |
10. Klik ganda pada Timer1, masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick Lbl12jam.Text =
Format(Now, "h:mm:ss tt") Lbl24jam.Text =
Format(Now, "hh:mm:ss") End Sub |
11. Setelah itu, pindahkan terlebih dahulu Signing nya ke Form3, sama seperti sebelumnya. Karena jika tidak dipindahkan maka
saat di running tetap akan berfungsi di Form2.
Klik kanan pada My Project terlebih
dahulu. Lalu klik Open. Pada Signing ganti Form2 nya menjadi Form3.
12. Klik Start
untuk menjalankan program, dan hasilnya seperti berikut.
MenuStrip, ContextMenuStrip dan
RichTextBox
1.
Buat form
baru sama dengan seperti sebelumnya dengan nama Form4.
2.
Klik pada Form4 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form4 |
Nama |
Form4 |
|
Text
|
NotePad |
|
|
Start
Position |
CenterScreen |
Sehingga judul Form4 sebagai berikut.
3.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari MenuStrip1. Kemudian double klik MenuStrip1 tersebut.
4.
Kemudian
atur properti yang ada di MenuStrip1.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
MenuStrip1 |
Name
|
MenuStrip1 |
Sehingga tampilannya sebagai berikut.
5.
Pada
Toolbox, cari RichTextBox. Kemudian double klik RichTextBox tersebut.
6.
Kemudian
atur properti yang ada di RichTextBox1.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
RichTextBox1 |
Name
|
RchTeks |
|
ContextMenuStrip |
ContextMenuStrip1 |
Sehingga tampilannya sebagai berikut.
7.
Pada ToolBox, cari ContextMenuStrip. Kemudian double
klik ContextMenuStrip tersebut.
8.
Kemudian
atur properti yang ada di ContextMenuStrip1.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
ContextMenuStrip |
Name
|
ContextMenuStrip1 |
Sehinggan tampilannya sebagai berikut.
9.
Pada MenuStrip1 ganti namanya menjadi File. Lalu buat menu Baru, Buka, dan Simpan di File tersebut.
10. Pada ContextMenuStrip1,
buat menu Reguler dan Bold.
11. Selanjutnya kita memulai untuk memasukkan
codingan agar Form tersebut dapat dijalankan saat di running. Klik ganda pada Buka,
masukkan kode program berikut ini.
|
Private
Sub BukaToolStripMenuItem_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
BukaToolStripMenuItem.Click Dim
kotak_dialog As OpenFileDialog
= New OpenFileDialog kotak_dialog.Filter = "File
Text (*.txt) | *.txt" kotak_dialog.ShowDialog() Dim
fileText As String = My.Computer.FileSystem.ReadAllText(kotak_dialog.FileName) RchTeks.Text = fileText End Sub |
12. Klik ganda pada menu Simpan, masukkan kode
program berikut ini.
|
Private
Sub SimpanToolStripMenuItem_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
SimpanToolStripMenuItem.Click Dim
kotak_dialog As SaveFileDialog
= New SaveFileDialog kotak_dialog.Filter = "File
Text (*.txt) | *.txt" kotak_dialog.ShowDialog() My.Computer.FileSystem.WriteAllText(""
& kotak_dialog.FileName
& "", RchTeks.Text, False) End Sub |
13. Klik ganda pada menu Baru, masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub BaruToolStripMenuItem_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
BaruToolStripMenuItem.Click RchTeks.Text = "" End Sub |
14. Klik ganda pada ContextMenuStrip dengan menu Reguler, masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub RegularToolStripMenuItem_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
RegularToolStripMenuItem.Click RchTeks.SelectionFont = New
Font(RchTeks.SelectionFont, FontStyle.Regular) End Sub |
15. Kli ganda pada ContextMenuStrip dengan menu Bold,
masukkan kode program berikut.
|
Private
Sub BoldToolStripMenuItem_Click(ByVal
sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
BoldToolStripMenuItem.Click RchTeks.SelectionFont = New
Font(RchTeks.SelectionFont, FontStyle.Bold) End Sub |
16. Setelah itu, pindahkan terlebih dahulu Signing nya ke Form4, sama seperti sebelumnya. Karena jika tidak dipindahkan maka
saat di running tetap akan berfungsi di Form3.
Klik kanan pada My Project terlebih
dahulu. Lalu klik Open. Pada Signing ganti Form3 nya menjadi Form4.
17. Klik Start
untuk menjalankan program, dan hasilnya seperti berikut.
Pada hasil tersebut,
saat kita mengisi pada bagian RichTextBox,
kita bisa menyimpan file tersebut dengan cara membuka File lalu pilih Simpan.
Saat disimpan, beri nama file dengan menggunakan format .txt. kita juga bisa membuka file tersebut dengan cara memilih menu Buka. Selain itu, untuk membuat file
baru cukup pilih menu Baru.
18. Kita juga bisa menebalkan huruf tersebut dengan
melakukan blog pada kalimat Jurusan :
Teknik Informatika kemudian klik kana, lalu pilih Bold. Selain itu kita juga bisa memilih Regular.
TUTORIAL PRAKTIKUM TIPE DATA, VARIABEL, KONSTANTA,
DAN OPERATOR
A. Alat dan
Bahan
Alat dan bahan yang perlu digunakan dalam
praktikum tipe data, variabel, konstanta, dan operator adalah sebagai berukut.
1.
Laptop
2.
Software
Visual Studio Community 2013
B. Langkah-Langkah
Praktikum Tipe Data, Variabel, dan Konstanta
Berikut ini adalah langkah-langkah praktikum tipe
data, variabel, kontanta, dan operator :
Variabel Lokal
1.
Buat
projek baru dengan nama Prak3, sama
dengan Prak2 sebelumnya.
2.
Klik pada Form1 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form1 |
Nama |
Form1 |
|
Text |
Variabel
Lokal |
Sehingga judul pada tampilan form sebagai
berikut.
3.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari Button. Kemudian double klik Button
tersebut.
4.
Klik pada Button1 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Button1 |
Nama |
BtnExit |
|
Text |
Exit |
5.
Sehingga
teks pada Button1 berubah menjadi Exit.
6.
Selanjutnya
kita memulai untuk memasukkan codingan agar Form tersebut dapat dijalankan saat
di running. Klik ganda pada Exit, masukkan kode program berikut
ini.
|
Private
Sub BtnExit_Click(sender As
Object, e As
EventArgs) Handles
BtnExit.Click Dim
tutup As String tutup = MessageBox.Show("Anda
yakin ingin menutup form ini ?",
"Lokal Variabel", MessageBoxButtons.YesNo,
MessageBoxIcon.Question) If
tutup = MsgBoxResult.Yes Then End Else End
If End Sub |
7.
Klik Start untuk menjalankan program, dan
hasilnya seperti berikut.
8.
Saat kita
klik Exit, maka akan muncul
pemberitahuan sebagai berikut.
Variabel Global
1.
Buat form
baru sama dengan praktikum seperti sebelumnya dengan nama Form2.
2.
Klik pada Form2 untuk mengatur properti-propertinya
sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form2 |
Nama |
Form2 |
|
Text |
Variabel
Global |
Sehingga judul pada tampilan form sebagai
berikut.
3.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari Button. Kemudian double klik Button
tersebut.
4.
Klik pada Button1 untuk mengatur
properti-propertinya sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Button1 |
Nama |
BtnExit |
|
Text |
Exit |
5.
Sehingga
teks pada Button1 berubah menjadi Exit.
6.
Selanjutnya
kita memulai untuk memasukkan codingan agar Form tersebut dapat dijalankan saat
di running. Klik ganda pada Form2, masukkan kode program berikut
ini.
|
Public Class
Form2 Dim tutup As String |
7.
Klik ganda
pada Exit, masukkan kode berikut.
|
Private
Sub BtnExit_Click(sender As
Object, e As
EventArgs) Handles
BtnExit.Click tutup = MessageBox.Show("Anda
yakin ingin menutup form ini ?", "Global
Variabel", MessageBoxButtons.YesNo,
MessageBoxIcon.Question) If
tutup = MsgBoxResult.Yes Then End Else End
If End Sub |
8.
Setelah
itu, pindahkan terlebih dahulu Signing
nya ke Form2, sama seperti
sebelumnya. Karena jika tidak dipindahkan maka saat di running tetap akan
berfungsi di Form1. Klik kanan pada My Project terlebih dahulu. Lalu klik Open. Pada Signing ganti Form1 nya
menjadi Form2.
9.
Klik Start untuk menjalankan program, dan
hasilnya seperti berikut.
10. Saat kita klik Exit, maka akan muncul pemberitahuan sebagai berikut.
Operator
1.
Buat form
baru sama dengan praktikum seperti sebelumnya dengan nama Form3.
2.
Klik pada Form3 untuk mengatur properti-propertinya
sebagai berikut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Form3 |
Nama |
Form3 |
|
Text |
Operator
|
Sehingga judul pada tampilan form sebagai
berikut.
3.
Selanjutnya
pada Toolbox, cari Label. Kemudian double klik Label
tersebut. Disini kita menggunakan 4 label.
4.
Sehingga
tampilannya sebagai berikut.
5.
Kemudian
atur properti-properti pada Label
tersebut.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Label1 |
Text
|
Nilai
1 |
|
Label2 |
Text |
Opeartor
|
|
Label3 |
Text |
Nilai
2 |
|
Label4 |
Text |
Hasil |
Sehingga hasilnya
sebagai berikut.
6.
Pada Toolbox, cari TextBox. Kemudian double
klik TextBox tersebut.
7.
Letakkan TextBox tersebut di samping Nilai 1. Kemudian atur propertinya.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
TextBox1 |
Name
|
TxtNilai1 |
8.
Pada Toolbox, cari ComboBox. Kemudian double
klik ComboBox tersebut.
9.
Letakkan ComboBox tersebut di samping Operator. Kemudian atur propertinya.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
ComboBox1 |
Name
|
CmbOperator |
10. Tambahkan lagi 2 TextBoxt sebagai berikut. Kemudian atur properti-propertinya.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
TextBox2 |
Name
|
TxtNilai2 |
|
TextBox3 |
Name |
TxtHasil |
11. Pada Toolbox,
cari Button. Kemudian double klik Button tersebut.
12. Sehingga hasilnya seperti berikut. Lalu atur
propertinya.
|
Object |
Properties |
Nilai |
|
Button1 |
Name
|
BtnProses |
|
Text |
Proses |
13. Maka pada Button1
teksnya berubah menjadi Proses.
14. Setelah itu, pindahkan terlebih dahulu Signing nya ke Form3, sama seperti sebelumnya. Karena jika tidak dipindahkan maka
saat di running tetap akan berfungsi di Form2.
Klik kanan pada My Project terlebih
dahulu. Lalu klik Open. Pada Signing ganti Form2 nya menjadi Form3.
15. Klik Start
untuk menjalankan program, dan hasilnya seperti berikut.
16. Saat kita masukkan Nilai 1 dan Nilai 2
tersebut, maka secara otomatis saat kita klik pada Proses, hasilnya akan keluar dibagian Hasil. Hasil tersebut merupakan penjumlahan dari 50 + 10 = 60. Kita
juga bisa menggunakan operator lain selain operator tambah (+) tersebut.
Komentar
Posting Komentar